Membaca Ulang Horor Abdullah Harahap (Gatra, 10 Maret 2010)

Gatra, 10 Maret 2010

Bambang Sulistiyo

 

Haji Ahmad, pemuka agama sebuah desa, menganggap pentas musik dangdut yang penuh goyangan aduhai itu haram hukumnya. Karena itu, penyanyi dangdut seperti Salimah dicap sebagai sumber maksiat. Haji Ahmad “menang,” Salimah terusir dari desa itu.

Dua tahun kemudian, Salimah pulang kampung untuk membalas dendam terhadap Haji Ahmad. Kali ini Salimah yang “menang.” Tapi penduduk desa yang marah kemudian membunuhnya. Arwah Salimah yang tak tenang menjelma menjadi hantu bersosok perempuan seksi yang kadang kelihatan berjalan melenggok di jalanan desa.

Ada tinjauan tentang bentrokan dan kemacetan sistem sosial dalam cerpen berjudul “Goyang Penasaran” karya Intan Paramaditha itu. Model menyampaian lazim kita jumpai dalam novel-novel horor gubahan Abdullah Harahap. Bedanya, Intan tidak mengetengahkan gagasan yang hitam-putih tentang moralitas — sebagaimana Abdullah. Dalam cerpen itu, Haji Ahmad bukanlah sosok alim, suci, tanpa dosa. Sang haji justru dilukiskan pernah memandangi Salimah dengan penuh syahwat di dalam musala.

Kisah itu adalah satu dari 12 cerita pendek yang diterbitkan dalam Kumpulan Budak Setan. Kumpulan cerpen karya Eka Kurniawan, Ugoran Prasad, dan Intan Paramaditha itu diluncurkan di Serambi Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pertengahan Februari lalu.

Proyek penulisan kumpulan cerpen itu bermula dari sebuah obrolan antara Ugo dan Intan di Amerika Serikat. Biasanya peristiwa komunikasi dalam sebuah pertemuan yang leluasa, setelah banyak hal selesai dibicarakan, obrolan soal hantu selalu saja menyelinap. Kali itu, percakapan tentang hantu antara Ugo dan Intan menemukan satu titik simpul: Abdullah Harahap.

 
Selengkapnya klik:
 
 
 


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: